Tuesday, February 21, 2023

APLIKASI QUORA UNTUK KELAS VIRTUAL

#Tantangan Menulis ke 22

#Februari Ceria PGRI

Era sistem pendidikan di Indonesia semakin hari semakin memberikan warna atau variasi baru dalam pelaksanaannya. Proses pembelajaran zaman sekarang tidak hanya dilakukan di ruang kelas tatap muka secara langsung, namun sudah berkembang dengan adanya kelas digital yang mudah untuk diakses di manapun dan kapanpun.

 Membuat kelas digital bagi guru untuk mengajar sudah bukan hal baru lagi bagi guru apalagi dengan adanya Pandemi Covid 19 yang menyerang dunia, menyebabkan pembelajaran dibatasi dan harus menggunakan media pembelajaran jarak jauh.

Kelas jarak jauh memberikan kesan kreatif dan inovatif karena materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang benar-benar baru dan berbeda dari sebelumnya yang dimana siswa dan guru bertatap langsung di dalam kelas. 

Aplikasi Quora menyediakan fitur dan fasilitas kelas digital yang didalamnya terdapat sebuah komunitas dengan padangan yang sama, serta Anda dapat dengan mudah menemukan pertanyaan-pertanyaan beserta jawabannya sesuai dengan kelas yang Anda ikuti. Semua pertanyaan yang sulit, resmi, dan sepele dapat Anda temukan di Quora. Jika Anda pelajar, alangkah baiknya mengikuti kelas yang topik pembahasannya adalah pendidikan, atau bahkan Anda dapat membuat kelas sendiri untuk bertukar pendapat dengan teman manapun guru dengan siswanya. Berikut cara membuat kelas atau ruang digital di Quora:

Aplikasi Quora menyediakan fitur dan fasilitas kelas digital yang di dalamnya terdapat sebuah komunitas dengan padangan yang sama, serta Anda dapat dengan mudah menemukan pertanyaan-pertanyaan beserta jawabannya sesuai dengan kelas yang Anda ikuti. Semua pertanyaan yang sulit, resmi, dan sepele dapat Anda temukan di Quora.

- Jika Anda pelajar, alangkah baiknya mengikuti kelas yang topik pembahasannya adalah pendidikan, atau bahkan Anda dapat membuat kelas sendiri untuk bertukar pendapat dengan teman mana pun guru dengan siswanya. 

Berikut cara membuat kelas atau ruang digital di Quora:

  • Pertama download aplikasi Quora di play store (android) atau langsung ke website Quora di google dengan memasukkan link berikut: quora.com.
  • Silahkan membuat akun terlebih dahulu di bagian sign in atau daftar dengan akun google Anda, jika sudah memiliki akun dapat langsung log in saja. Kemudian ikuti langkah-langkah yang harus dilewati mulai dari memilih topik sampai selesai.
  • Setelah itu di beranda Quora, klik menu dengan logo atau gambar tiga orang berjajar (ruang), kemudian klik pada tAnda (+) buat ruang untuk membuat kelas Anda sendiri dengan teman, siswa, ataupun orang lain.
  • Lalu akan muncul interface baru yang mengarahkan Anda untuk membuat nama dan deskripsi singkat, silahkan isikan sesuai dengan kebutuhan kelas atau materi Anda, setelah itu klik buat
  • Tahap selanjutnya Anda akan ditawarkan pilihan untuk dapat mengimpor atau mengundang pengguna lain yang terhubung dengan akun google yang Anda miliki, jika Anda tidak menginginkannya silahkan lewati saja.
  • Tandaaa… akhirnya kelas sudah terbuat dan dapat digunakan. Silahkan Anda pelajari lebih lanjut terkait menu dan fitur yang terdapat dikelas tersebut. Mulai Anda dapat mempersiapkan perbincangan dengan melempar topik atau materi pembelajaran yang di mana hal tersebut akan memancing siswa untuk lebih interaktif dalam proses belajar mengajar, sampai mengedit atau mendesign halaman dengan gambar-gambar dan warna yang dapat menarik perhatian siswa agar tidak merasa bosan ketika belajar.

Itulah cara membuat kelas digital sendiri di aplikasi atau platfom Quora yang mudah dan cepat untuk pemula. Selain membuat kelas sendiri, Anda juga dapat mengikuti kelas lain yang sudah ramai dikunjungi dan mengangkat topik menarik sehingga secara tidak langsung menambah wawasan dan pandangan Anda yang kelak dapat Anda bagi dengan siswa maupun orang lain.

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, teknologi menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi di beberapa bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan sekarang ini menuntut tenaga pengajar di sekolah untuk memanfaatkan teknologi dalam menunjang pembelajaran. Sebagai tenaga pengajar juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang seperti sekarang ini yaitu dengan mengenal dan mempelajari teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Sekarang ini ada banyak platform dibidang pendidikan yang telah berkembang salah satunya yaitu aplikasi Quora. Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan aplikasi Quora, mari kita mengenal secara singkat aplikasi Quora.

Aplikasi Quora adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk memberikan pertanyaan maupun jawaban. Aplikasi Quora dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar guru dengan siswa. Aplikasi Quora dapat menjadi media diskusi secara online bagi siswa dan guru. Hal ini memungkinkan pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi dapat dilakukan di luar kelas atau pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini juga memungkinkan guru untuk membuat kelas sesuai kebutuhan atau materi yang akan disampaikan sehingga guru dapat mengontrol siswa dalam satu kelas.

Setiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan maupun kekurangan tidak terkecuali dengan aplikasi Quora. Aplikasi ini terbilang cukup baru bagi pengguna di Indonesia, karena baru muncul di Indonesia sekitar 2018 yang lalu sehingga masih perlu adanya pengembangan untuk aplikasi ini. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Quora yang telah dirangkum berdasarkan ulasan dari beberapa pengguna aplikasi Quora ini:

Kelebihan Aplikasi Quora:
  • Jarang terjadi perdebatan antar pengguna atas perbedaan jawaban yang diberikan, antar pengguna menghargai perbedaan atau pendapat dari pengguna atau orang lain.
  • Quora memiliki sistem “fair judging” ada dukungan naik dan dukungan turun, sistem ini seperti halnya “like” dan “dislike” pada aplikasi Youtube.
  • Adanya sistem kredensial yang memungkinkan jawaban dari para pengguna dapat dipercaya, sehingga jawaban yang diberikan memuaskan bagi pengguna yang bertanya.
  • Penggunaan Bahasa Indonesia yang baku, sehingga terkesan baik dan sopan.
  • Tidak ada iklan atau endorse pada aplikasi Quora sehingga tidak mengganggu pengguna pada saat membuka aplikasi Quora.
  • Jarang terjadi informasi hoax
  • Jarang atau bahkan tidak ada komentar atau jawaban dari pengguna yang menebar kebencian, kebanyakan jawaban yang disampaikan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
  • Ketika ada laporan pelanggaran, aplikasi Quora cepat dalam merespon.
  • Banyak pengguna yang menuliskan pengalam hidup yang dapat menjadi sumber motivasi bagi pengguna yang lainnya.

Kekurangan Aplikasi Quora

  • Pada aplikasi Quora tidak ada fitur yang dapat memblokir permintaan jawaban dari pengguna lain sehingga terkadang ada jawaban yang tidak sesuai topik, walaupun kasus seperti ini jarang terjadi.
  • Pengguna Quora tidak bisa menjawab dengan bentuk tabel jika jawaban memerlukan tabel.
  • Push notification masih masuk walaupun sudah diatur mati pada menu setting pages
  • Masih kurang dikenal seperti aplikasi lainnya seperti Instagram, twitter dan lainnya. Hal ini dikarenakan pada aplikasi Quora membahas topik – topik yang serius dan tidak ada hiburannya jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang lebih memetingkan aspek hiburan bagi penggunanya.
  • Tidak ada fitur yang dapat menyaring atau memfilter pertanyaan yang belum dijawab atau yang baru dipost oleh pengguna yangbertanya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Quora, semoga membantu anda dalam menggunakan aplikasi Quora sehingga dapat mempermudah bagi pengguna atau tenaga pendidik maupun siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar dengan menggunakan aplikasi ini.

Jadilah pengguna yang bijak dengan memberikan tidak memberikan komentar yang buruk.

Pada era teknologi yang semakin berkembang pesat sekarang ini, tentunya berdampak positif bagi dunia pendidikan salah satunya berkembangnya media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran baik digunakan oleh guru maupun siswa. Salah satunya adalah aplikasi Quora.

Quora merupakan sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pengetahuan dengan cara memberikan pertanyaan dan atau jawaban.  Aplikasi ini didirikan oleh Adam D’Angelo dan seorang rekannya pada tahun 2009 yang pada awalnya hanya tersedia dalam versi bahasa Inggris sampai pada tahun 2018 aplikasi Quora tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Platform ini dapat dikatakan sebagai media sosial karena masing – masing pengguna dapat saling berinteraksi satu sama lain. Setiap pengguna aplikasi Quora dapat membuat pertanyaan atau memberi jawaban yang terdapat di linimasa atau beranda.

Aplikasi Quora ini mungkin masih awam bagi sebagian besar orang di Indonesia karena tidak sepopuler media sosial yang lainnya seperti instagram, twitter, maupun facebook. Hal ini dikarenakan aplikasi ini masuk ke Indonesia pada tahun 2018 sehingga tergolong aplikasi baru bagi pengguna di Indonesia terutama bagi dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan di Indonesia masih belum banyak memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar dan cenderung masih menggunakan cara yang konvensional.

Mengenal aplikasi Quora dan cara membuat pertanyaan pada aplikasi Quora

  • Unduh atau download aplikasi Quora.

Aplikasi Quora sudah tersedia di Playstore bagi pengguna Android dan Appstore bagi pengguna IOS. Selain mengunduh pengguna juga dapat mengunjungi website resmi Quora yaitu di alamat https://www.quora.com setelah itu log in untuk masuk ke aplikasi.

Membuat pertanyaan: 

Ada beberapa cara untuk membuat pertanyaan di aplikasi ini, hal tersebut bergantung pada penggunanya apakah menggunakan aplikasi Quora di selulernya atau menggunakan aplikasi Quora di web.

  • Berikut cara membuat pertanyaan bagi pengguna Quora yang menggunakan aplikasi seluler yatu  dengan cara klik tautan “Tambah” yang terdapat di kanan atas.
  • Cara membuat pertanyaan bagi pengguna Quora yang mengunjungi web resmi Quora:
  • Klik tombol “Tambah” yang terdapat di pojok kanan atas beranda/laman.
  • Selain itu, pengguna juga bisa menulis pertanyaan pada menu pencarian yang terdapat di pojok kiri atas. Pengguna akan ditunjukkan beberapa hasil pencarian berdasarkan apa yang pengguna tulis sebelumnya. Jika tidak terdapat pertanyaan yang sama yang sudah ada, klik  “Tambah Pertanyaan Baru” untuk menambahkannya pada Quora.
Setelah pengguna mengajukan pertanyaan aplikasi Quora akan mendistribusikan atau mengirim pertanyaan tersebut kepada pengguna lainnya. Setelah itu menunggu jawaban dari pengguna lain dan Quora akan mengirimkan notifikasi jika ada jawaban yang terkirim dari pengguna lainnya.

Itulah beberapa cara untuk membuat pertanyaan di aplikasi Quora. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi bidang pendidikan yaitu dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mendukung aktiVItas belajar mengajar bagi guru dan siswa. Aplikasi Quora ini dapat menjadi media diskusi antar siswa maupun media diskusi antara guru dan siswa. Aplikasi Quora ini memungkinkan masing-masing siswa untuk saling berinteraksi dan berdiskusi untuk membahas topik atau materi pembelajaran. Aplikasi ini cocok untuk mendukung kegiatan belajar jarak jauh yang diterapkan ketika pandemi Covid 19.  Namun memungkinkan aplikasi ini digunakan untuk pembelajaran pada keadaan menuju normal sekarang ini.

Sekian pembahasan terkait aplikasi Quora, semoga bermanfaat terkhususnya bagi pendidikan di Indonesia. Manfaatkan teknologi sebijak mungkin untuk kemajuan pendidikan Indonesia.






Sumber : https://naikpangkat.com/membuat-kelas-digital-dengan-quora/


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home