Tuesday, February 14, 2023

MEMBUAT VIDEO ANIMASI BITEABLE




#Tantangan Menulis Hari ke 14

# Februari Ceria PGRI

Biteable adalah salah satu platform baru untuk membuat materi presentasi adalah Biteable  karena kita dapat membuat presentasi dari potongan video yang dapat dikelola atau di kompensasikan. Aplikasi ini mirip Prezi, perangkat lunak presentasi 3D, telah berubah dalam hal penyajian berbasis visual. Aplikasi ini tidak perlu diinstal, karena  berbasis web. Jadi mengerjakannya harus online di laptop.

Biteable memungkinkan kita untuk membuat video yang dapat berupa presentasi, intro, atau apa pun, dari segmen video, gambar diam atau animasi. Proses pembuatannya juga sederhana. Seseorang tanpa memiliki rasa estetika atau kemampuan dalam bidang IT dapat menghasilkan sesuatu yang menarik.

Aplikasi Biteable ini berbasis web namun tetap bisa diakses melalui peramban di telpon pintar android. Dalam membuat video dengan aplikasi Biteable hanya membutuhkan waktu 15-30 menit, tergantung seberapa banyak scene dalam videonya, jika materi pelajaran yang akan kita buat sudah disiapkan. Apalagi tersedia banyak pilihan  template siap pakai yang bisa diedit sesuai keinginan, tanpa banyak kesulitan saya mulai mengotak-atik cara penggunaan aplikasi Biteable ini. Dan yang bikin tambah asyik, layanan di aplikasi Biteable ini gratis, meski ada juga layanan premium yang berbayar tentunya, tapi dengan yang gratis pun sudah cukup memadai juga.

Urutan untuk membuat video Biteable antara lain 

1. Bikin akun 

2. Pilih template 

3. Ketik kalimat 

4. Sisipkan musik 

5. Rekam layar PC

Langkah-langkah membuatnya :

1.  Pertama buka halaman web https://biteable.com.


2. Klik sign up untuk mendaftar

3. Kemudian daftar menggunakan akun Google

4. Pilih Teacher/Administrator klik Next



5. Pilih Use Biteable 1.0


6. Selanjutnya untuk memulai membuat video klik Create a New Video


7. Ada banyak template yang tersedia. Pilih salah satu template, sebagai contoh pilih video explain, a concept. Klik Find Template. ( lihat yang dilingkari merah). Lalu pilih salah satu jenis template. Klik Edit This Video.


8. Untuk membuat video pembelajaran scene pertama buatlah Nama mata pelajaran, kelas, level sekolah. Pada scene ke dua buatlah Kompetensi Dasar dan Indikator. Untuk scene ketiga dan seterusnya buatlah materi pelajaran. Jika ingin megubah scene pilih Add Scene. Setiap scene hanya terdiri dari 80 karakter. Buatlah poin-poin penting materi. Jangan membuat kalimat terlalu panjang.


9. Lihat fungsi masing-masing fitur di atas. ebagai contoh pilih Clay. Kita mau pilih template yang mana. Pilih sesuai kebutuhan. Silahkan dilihat-lihat template nya.


10. Untuk menghapus scene, bisa delete scene yang sudah ada. Klik tanda panah pada scene lalu cari delete. Pilih scene yang baru. 


11. Untuk menentukan posisi scene, silahkan geser scene ke kiri atau ke kanan. 
Jika ada scene yang tidak diperlukan di delete.


12. Jika kita memilih template yg ada menyisipkan gambar untuk mengupload foto/gambar pilih Upload. Tidak semua scene bisa disisipkan gambar.


13. Ada scene yg bisa di ganti warna background ada yang tidak. Untuk mengubah backgroud scene klik color, cari warna yang diinginkan.


14. Cara menyisipkan musik. Klik Audio. Pilih musik dari Biteable atau dari file laptop sendiri.


15. Melihat tampilan video yang sudah kita buat, klik Preview.


16. Untuk melihat video yang telah tersimpan klik My Video, jika ingin edit video klik tanda pensil.

17. Jika video ada yang diedit kemudian dilihat kembali klik Rebuild Video, lalu klik Download your Video. Video tidak bisa didownload jika menggunakan akun free. Gunakan aplikasi perekam layar PC untuk merekam video Biteable, lalu share ke sosial media. Jika menggunakan akun berbayar atau premium video bisa di download, dan watemark dapat dihilangkan. Selamat mencoba.























Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home