Friday, February 17, 2023

VIDEO POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Di masa modern ini dikembangkan berbagai aplikasi yang dapat mendukung proses belajar mengajar dengan menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi, salah satu di antaranya adalah Powtoon. Powtoon dirilis pada tahun 2012 dan menjadi aplikasi yang tepat digunakan untuk membuat video dengan mudah. Selain itu juga aplikasi ini menyediakan animasi yang unik dan tidak dimiliki oleh platform lainnya.

Pembelajaran dengan menggunakan animasi memiliki keunggulan seperti dapat menghilangkan kejenuhan dalam pembelajaran, membangkitkan semangat belajar, dan tentunya animasi dapat menarik perhatian peserta didik agar tetap fokus dalam proses belajar. Dengan animasi yang menarik dan latar belakang suara yang menarik maka dapat memberikan stimulus terhadap kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan antusias.

Powtoon adalah layanan pembuatan presentasi online dengan beberapa fitur animasi yang sangat menarik seperti animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup, dari fitur tersebut membuat pengaturan timeline menjadi sangat mudah untuk dipahami. Powtoon juga merupakan aplikasi online yang tersedia di internet  memiliki fungsi sebagai aplikasi pembuat video untuk presentasi ataupun sebagai media pembelajaran.

Powtoon mudah digunakan saat membuat tampilan materi pembelajaran, karena pendidik dapat mengakses hampir semua fitur dalam satu layar. Layanan yang menampilkan karakter kartun, model animasi, dan objek kartun lainnya ini sangat cocok untuk membuat media pembelajaran. Oleh karena itu, untuk merangsang minat siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan, pendidik harus menyampaikan materi secara jelas agar peserta didik mampu memahami dan menyerap materi yang disampaikan di kelas. 

Manfaat Powtoon sebagai media pembelajaran yaitu :

  • Media powtoon dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis atau dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan.
  • Media powtoon dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera seperi contohnya objek yang terlalu besar dapat digantikan dengan realita, film, bingkai dan gambar.
  • Dapat mengatasi gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat ditampilkan lagi melalui rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal.
  • Dapat mengatasi penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi yang dapat mengatasi sikap pasif anak seperti kegairahan belajar, memungkinkan untuk adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan.

 Kelebihan Powtoon yaitu sebagai berikut :

  • Mudah dalam proses pembuatan video.
  • Memiliki berbagai pilihan animasi yang menarik.
  • Hasil video dapat menampilkan gambar dan suara.
  • Dapat diputar ulang apabila file dibagikan kepada peserta didik.
  • Interaktif dan memberikan umpan balik.
  • Dapat digunakan dimanapun dan kapanpun secara mandiri.
  • Video disajikan tidak terlalu lama sehingga tidak mengurangi tingkat motivasi peserta didik.
  • Materi disajikan secara interaktif dengan Bahasa yang singkat dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Dapat digunakan dalam penyusunan multimedia interaktif yang sangat menarik sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas gambar, animasi, video, suara, dan music yang lebih menarik.

Platform ini dapat diakses melalu situs www.powtoon.com. Powtoon juga bisa diunduh di smartphone secara gratis melalui Google Play Store ataupun App Store. 

Untuk memulai membuat video di Powtoon, terlebih dahulu Anda harus membuat akun, caranya klik “Sign Up”, setelah  mengisi berbagai informasi untuk mengakses Powtoon dan disetujui, Anda bisa langsung mengakses dan menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan akun yang digunakan untuk mendaftar Powtoon.


Ketik Powtoon.com di Google, kemudian klik Sign up,  ada di pojok kanan atas.


Pilih Google


Lalu isi email atau bila sudah ada email klik salah satu email yang terlihat


klik Lets star


Pilih education kemudian klik teacher, jika sudah klik nex

Setelah login, pilih jenis video yang ingin dibuat. Beberapa pilihan yang di tawarkan adalah Modern Edge, Whiteboard, Cartoon, Infographic, Real, dan pilihan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mendesain Video di Powtoon

Saat mendesain video, Anda bisa mengolah berbagai jenis tampilannya termasuk menggunakan animasi kartun agar terlihat lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan teks khusus misalnya untuk menyisipkan materi pembelajaran yang ingin disampaikan kepada para siswa.

Jika video sudah selesai dibuat, Anda bisa melihat hasilnya dengan meng-klik “Preview & Export” untuk mengecek hasil video yang dibuat, jika dirasa masih kurang memuaskan Anda bisa mengedit ataupun menghapus tampilan video yang dirasa kurang sesuai.

Setelah yakin dengan video yang dibuat Anda bisa langsung menyimpannya dengan cara klik “Save” di bagian menu utama, kemudian pilih jenis file extension yang akan digunakan untuk membuka file video yang sudah kita buat.

Berikut langkah-langkahnya :


Ada 30 template yang tersedia untuk guru. 


itu ada macam-macam template nya, klik salah satu, atau klik create untuk membuat, dan ada pilihannya yang mana kita mau, silah kan di pilih.


Pilih template tersedia.


Saya pilih salah satu template, karena saya akan memberikan pembelajaran mengenai tips /motivasi untuk siswa maka saya pilih tamplate tersebut.


Agar menarik saya pilih tamplate yang ini. Kemudian klik edit in studio.


Kemudian kita tunggu untuk loading.



kemudian klik star creating


Klik tulisan untuk kita edit menjadi apa yang kita inginkan 


Kemudian kita dapat mengedit tulisan dan juga menyisipkan gambar dari karakter yang tersedia , musik atau mengganti begraun dan warna yang sesuai, juga memberi efek pada slide serta mengedit slide selanjutnya atau menambahkan slide jika di rasa belum cukup. setelah selesai kita dapat membagi link ke media sosialnya dengan mengklik tanda link, dan mengcopy pastekan
Semoga bermanfaat,



 
















Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home