Sunday, February 5, 2023

MIND MAPPING MINDOMO UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN

#Tantangan Menulis hari ke 6

#ceria Februari PGRI


Pada awalnya, masyarakat menyusun Mind Mapping dengan media kertas dan kombinasi krayon, pensil warna, atau spidol. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini kita dapat membuat Mind Mapping peta konsep yang menarik hanya dengan suatu aplikasi. Aplikasi Peta konsep banyak sekali disediakan di android ataupun di Laptop atau Komputer.  

Pengertian Mind mapping atau pemetaan pikiran dari para ahli 

  1. Salah satu metode Brainstorming dan penuangan ide-ide kreatif tentang suatu hal. Konsep ini pertama kali dicetuskan oleh seorang ahli bernama Tony Buzzer pada tahun 1974. 
  2. Menurut Caroline Edward. Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data dari atau ke otak
  3. Edward menekankan bahwa cara kerja mind mapping sesuai dengan cara kerja otak manusia. Metode mind mapping dinilai dapat mengoptimalkan potensi dan kapasitas otak manusia.
  4. Bagus Taruno Legowo menerangkan bahwa mind mapping adalah cara alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linier. Artinya, mind mapping memudahkan seseorang untuk menangkap beragam informasi dan merangkai pikiran dari berbagai macam sumber informasi. Menurut Bagus, metode ini adalah cara termudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar otak.
  5. Menurut Bobby De Porter adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis. Tujuannya untuk membentuk kesan otak kanan dan kiri sehingga memudahkan seseorang dalam memasukkan informasi ke dalam otak. 

Dari sekian pengertian menurut para ahli, dapat ditarik kesimpulan mind mapping adalah metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk memudahkan seseorang mengingat dan memahami sesuatu. Cara ini dianggap efektif karena cara kerjanya mirip dengan cara kerja otak. Selain itu dinilai sebagai metode yang kreatif karena mind mapping menggunakan warna-warna dan simbol dalam pembuatannya.

Menurut Buzan dalam penelitian Ajeng Agustina, mind mapping membantu seseorang dalam banyak hal, meliputi:

  • Merencana
  • Berkomunikasi
  • Meningkatkan kreativitas
  • Menghemat waktu
  • Menyelesaikan masalah
  • Memusatkan perhatian
  • Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran
  • Belajar lebih cepat dan efisien
  • Meningkatkan kemampuan mengingat
  • Melihat gambar keseluruhan

Menurut Michalko, metode ini mempunyai manfaat, yakni:

  • Mengaktifkan seluruh otak sehingga bisa berfungsi secara optimal
  • Membantu seseorang untuk fokus pada pokok bahasan
  • Membantu seseorang dalam memahami hubungan antar bagian informasi yang terpisah
  • Memberi gambaran jelas pada keseluruhan dan perincian
  • Membantu seseorang dalam mengelompokkan konsep dan membandingkannya
Kelemahan sistem pembelajaran Mind Map menurut Kurniawati (2010: 23) yaitu                   
  1.  Hanya siswa yang aktif yang terlibat
  2. Tidak sepenuhnya murid yang belajar, dan                                                            
  3. Mind Map siswa bervariasi sehingga guru akan kewalahan memeriksa Mind Map siswa.

Elemen Pembuatan Mind Maping

Selain menemukan istilah mind mapping, Buzan juga menjelaskan tentang elemen-elemen mind mapping.
  1. Pusat Peta Pikiran, merupakan ide atau gagasan utama. Nah, pusat peta pikiran biasanya dalam bentuk teks atau gambar.
  2. Cabang utama adalah cabang tingkat pertama yang langsung memancar dari pusat peta pikiran. Cabang ini berupa bab-bab materi pelajaran. Kamu bisa membuat garis-garis pada cabang utama dengan gambar dan corak yang menarik.
  3. Cabang, merupakan pancaran dari cabang utama. Biasanya dituliskan ke segala arah, meliuk, dan tidak sekadar garis lurus. Seberapa panjang cabang ini? Tergantung pada kata kunci. Disarankan warna cabang ini sesuai dengan warna cabang utama.
  4. Kata yaitu setiap cabang berisi kata kunci dan biasanya ditulis di atas cabang.
  5. Gambar, sebenarnya tidak ada aturan penggunaan gambar dalam mind mapping. Pembuat mind mapping bisa menambahkan elemen gambar sesuai keinginan dan kesukaan. Gambar tersebut merupakan visualisasi dari kata kunci.
  6. Warna, penggunaan warna akan sangat membuat mind mapping menarik. Mind mapping yang kamu buat lebih hidup dan tidak membosankan.

Di samping memudahkan seseorang untuk memahami informasi, peta konsep yang disajikan dalam bentuk grafis dapat meningkatkan kreativitas serta membantu proses berpikir otak secara optimal.

Banyak sekali aplikasi yang disediakan di android maupun di Laptop tetapi saya akan membahas aplikasi mind mapping Mindomo. Aplikasi ini menyediakan beragam Template yang dapat kamu akses secara gratis. Secara umum, Mindomo memang terkenal User Friendly, terlebih bagi para pengguna Smart Phone Android. Mindomo adalah aplikasi untuk menggambar peta gagasan yang memungkinkan Anda mengembangkan dan mengekspresikan ide secara visual pada Android.

Mindomo adalah aplikasi gratis untuk Android. Platform Mindomo, juga tersedia untuk Windows dan Mac OS, menyediakan lingkungan yang kuat untuk memudahkan berkolaborasi dengan tim Anda dan berbagi ide di mana saja melalui Mindomo cloud.

Untuk menggunakan fasilitas Mindomo, kamu bisa mengunduhnya langsung lewat Playstore atau mengakses secara online melalui situs Mindomo.com.


1. Setelah di cari Play Store aplikasi Mindomo kemudian di klik.
2. klik juga tanda Instal
3. Kemudian buka aplikasi setalah di Instal sekitar 59 mb.


4. Kemudian Klik tanda tambah (+) untuk memulai membuat Mindmapping 
5. Pilih Create a New Map yaitu buat peta baru, kita dapat membuat sesuka kita. Pilih Choose a Template atau pilih template yang kita sukai dan sudah tersedia di aplikasi. Atau Pilih Create a New Folder untuk membuka folder baru.


7. Untuk no. 7 ini kita dapat membuat Mindmapping yang di ingin kan dan untuk membuat topik, sub topik atau cabang cabang kosong yang di sesuaikan dengan yang kita inginkan, sudah di siapkan tandanya di bawah.
8.  Pilih Template yang kita sukai dan sudah tersedia di aplikasi. 
9. Pilih Create a New Folder untuk membuka folder baru, silah kan memberikan judulnya.


10. Tambahkan stiker atau gambar-gam bar yang tersedia.
11. Setelah selesai kita akan memilih stiker yang sesuai dengan kepuasan kita dalam menggunakan aplikasi ini.
12. Share untuk membagikan aplikasi ke media sosialnya, hare with attachments, Copy to Cloud,Rename, Delete, Move.


Inilah contoh Minpmapping yang sudah jadi. Silah kan mencobanya, semoga bermanfaat. 








Labels:

1 Comments:

At February 5, 2023 at 9:59 PM , Blogger Patimah_Iskandar said...

Sama sama Om Jay

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home