Saturday, February 11, 2023

VIDEO ANIMASI ANIMAKER UNTUK PEMBELAJARAN

#Tantangan hari ke 11

#Ceria Februari PGRI



Video merupakan salah satu media pembelajaran jenis audio-visual dalam bentuk non-cetak memuat informasi dan lebih efisien karena dapat disampaikan secara langsung kepada peserta didik. Selain itu, video juga suatu dimensi yang harus dikembangkan dalam pembelajaran. Karena pembelajaran video animasi ini dapat menyampaikan gambar bergerak disertai dengan adanya suara. Pembelajaran video animasi adalah segala bentuk yang memungkinkan audio dan gambar bergerak dapat dikombinasikan secara bersamaan. Dengan adanya pembelajaran video animasi dapat memberikan manfaat dan pengalaman terhadap peserta didik agar lebih aktif.

Animaker merupakan pembuat video animasi yang memungkinkan kita untuk membuat konten video yang menarik. Sahabat guru bisa menggunakan Animaker untuk membuat tutorial, video penjelasan pelajaran, video presentasi, maupun membuat video Infografis.

Web Tool ini menyediakan semua alat dan materi yang anda butuhkan untuk membuat video animasi secara profesional. Penggunaannya cukup mudah, cukup drag dan lepaskan elemen seperti karakter, latar belakang, visual yang tersedia. Kita juga dapat mengedit video, menambahkan efek animasi, dan transisi adegan.

Langkah-Langkah Penggunaan Animaker, yaitu:

1. Ketik “Animaker” di penelusuran Google, kemudian klik “Animaker”.


2. Setelah klik “animaker”, maka akan muncul tampilan seperti di bawah, lalu klik Sign Up.

3. Setelah klik Sign Up, maka akan muncul untuk mendaftar akun terlebih dahulu. Terdapat 3 cara, yaitu: 

  • Pertama menggunakan facebook, jika mengklik facebook maka akan muncul user name dan password dan bisa mengisi akun facebook yang kita dimiliki atau jika sudah pernah membuka akun facebook di chrome dan passwordnya dengan pengaturan auto-save, maka sudah terdaftar dari animaker melalui akun facebook, 
  • Kedua menggunakan e-mail, caranya dengan memasukkan user name yang kita inginkan dan mudah diingat, ketiklah alamat e-mail yang masih aktif digunakan, kemudian ketik password, dan centang dibagian bawah pada “I agree to all terms of serviceand privacy policy”, kemudian klik Sign Up, 
  • Ketiga menggunakan google, sama seperti facebook hanya mengklik google maka akan langsung terdaftar jika setting auto-save, tetapi dengan catatan chrome yang Anda gunakan akun Googlenya sudah aktif.

4. Setelah memilih akun yang didaftarkan, maka Anda berada di halaman dashboard atau home animaker, kemudian klik “Create” di sebelah kiri atas dan muncul “Create a video” lalu akan muncul lagi pilihan “blank page” dan “template”. Perbedaannya “blank page” untuk membuat video dengan cara manual atau Anda bisa membuat sendiri dengan sesuka hati, sedangkan “template” untuk membuat videonya sudah disediakan oleh Animaker, Anda hanya mengubah atau memodifikasi dari “template”. Karena untuk pembelajaran, maka dipilihlah “blank page”.

5. Setelah klik “blank page”, maka akan tampil menu awal untuk membuat video animasi. Menu awal yang ditampilkan yaitu menu “characters”, pada menu ini kita dapat memilih berbagai macam karakter yang diinginkan dan bisa disesuaikan. Seperti di bawah ini:


6. Kemudian kita dapat menentukan karakter yang sesuai dan diinginkannya, tinggal drag karakter (klik tahan kemudian geser sesuai tempatnya) ke bagian Template. Kemudian pada bagian samping kanan menu action (gerakan) terdapat menu expression (ekspresi) yang dapat kita pilih seperti, gerakan tangan dan ekspresi wajah dari karakter, dan lain-lain. 


7. Kemudian akan dijelaskan fungsi menu di samping karakter yang dapat digunakan. Seperti gambar di bawah ini: Ikon orang (+) yang sedang berjalan untuk membuat karakter dapat bergeser ke samping atau bisa bergerak sesuai arahan kita, tetapi hanya bergeser bukan karakternya bergerak. Ikon microphone untuk menyisipkan suara kita dari file yang sudah ada maupun direkam secara langsung. Ikon garis putus-putus berbentuk S untuk menggeser karakter sesuai pola yang sudah tersedia, seperti melingkar. Ikon palet cat untuk mengubah karakter seperti, warna baju, warna kulit, rambut, alis, mata, mulut, dan sepatu. Ikon bulat dan kotak yang terhubung dengan panah untuk memunculkan jenis karakter di sebelah kirinya. Ikon kotak hitam putih digunakan untuk membalik karakter ke arah kanan-kiri atau membalik atas-bawah. Ikon pengaturan untuk membuat karakter terlihat transparan, karakter bisa diberikan efek masuk ataupun keluar di dalam template, dan juga bisa memberikan efek mengecil lalu menghilang. Terakhir ikon tempat sampah untuk menghapus karakter.

8. Selanjutnya menu Property yang di dalamnya ada shape atau bentuk gambar dapat menyisipkan bentuk-bentuk sesuai keinginan. 

9. Kemudian menu teks yang di lambang dengan huruf (T). Pada menu teks dapat mengatur gaya Font, ukuran, dan besar-kecilnya huruf dan teks yang dicontohkan yaitu "Assalamualaikum", “Selamat Pagi” 

10.  Setelah itu terdapat menu Bg atau background/ latar belakang, Background bisa dipilih sesuai keinginan, tetapi tidak semua Background dapa digunakan karena ada versi Animaker yang berbayar. Tanda bintang yang berada di kanan atas pada background itulah yang berbayar, sama seperti menu teks. 

11. Menu image (gambar). Pada menu image dapat disesuaikan dengan isi materi yang disampaikan. Animaker sudah menyediakan gambar-gambarnya, tetapi Anda dapat mengunggah file gambar dari komputer juga.

12. Menu video. Anda dapat menambahkan video yang sudah disediakan di menu atau yang tersimpan di dalam komputer. Anda juga dapat menambahkan scene dalam video animasi yang dibuat, tidak hanya video saja, tetapi gambar, isi materi dapat ditambahkan scenenya. 

13. Selanjutnya ada menu musik yang sudah disediakan dapat disisipkan di dalam template sehingga video animasi yang disampaikan tidak merasa bosan, dan lebih menarik dengan adanya musik.

14. Menu search effects, menu ini adalah berbagai macam animasi yang bisa bergerak-gerak. Menu search effects lebih banyak digunakan untuk versi yang berbayar. 

15. Setelah semuanya selesai untuk membuat video animasi, kita dapat melihat hasil dari keseluruhan video dengan klik ikon play di bawah template.

16. Selanjutnya kita dapat klik Publish, kemudian pilih download video.  Setelah pilih download video, maka muncul tampilan seperti nama video, ukuran video mulai dari SD, HD, Full HD, WQHD, dan Ultra HD. Lalu beri nama video atau judul videonya.

17.  Kemudian video animasi yang sudah dibuat akan diproses, dan dapat ditunggu sampai selesai. Durasi waktu dan kompleksitas dalam video berpengaruh dalam proses pengunduhan, semakin banyak waktu durasi di dalam video semakin lama proses pengunduhannya. Kemudian download kembali untuk disimpan di dalam komputer. Jika tidak mendownload kembali, maka hanya tersimpan di akun Animaker. Setelah klik unduh, video animasi akan tersimpan juga di komputernya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home