Friday, February 10, 2023

MEMBUAT DONGENG DIGITAL

# Tantangan Hari Ke 10

#Ceria Februari PGRI

Pengertian Dongeng:

Dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi atau fiktif.

Fungsi dongeng 

adalah sebagai hiburan, dan sarana untuk menyampaikan pesan-pesan moral. Hal itu disebabkan karena cerita dalam dongeng banyak yang melukiskan sebuah sindiran, dan kebenaran berisikan pelajaran moral.

Unsur-unsur dongeng terdiri dari 

  • tema, 
  • alur, 
  • latar, 
  • tokoh, 
  • penokohan, dan 
  • amanat.
Dongeng merupakan cerita sederhana bersifat fiksi, di mana unsur-unsur yang ada di dalamnya hasil rekayasa dari pengarangnya.

Dikutip dari modul Bahasa Indonesia oleh Dr. Agus Triantono, dongeng bisa berisi peristiwa aneh pada zaman dahulu, sehingga termasuk dalam cerita tradisional. Melalui dongeng, nilai kepercayaan dan adat istiadat masyarakat juga dapat tercermin.

Cerita tradisional adalah cerita penyebarannya disampaikan secara turun temurun. Oleh karena itu, pengarang atau penulis dongeng biasanya tidak dapat dikenali secara pasti.

Cerita tradisional dapat disebarkan secara luas ke berbagai tempat kemudian cerita itu akan disesuaikan dengan daerah setempatnya. Maka, tidak heran terkadang dongeng di suatu tempat, akan sama di suatu tempat lainnya.

Sahabat semua pernahkah- mendengar cerita Cinderella atau Bawang Putih dan Bawang Merah dari Indonesia? Kedua judul dongeng tersebut mengandung isi cerita yang sama. Hal itu disebabkan karena cerita tradisional bersifat umum dan dapat degan mudah diterima masyarakat.

Ciri-ciri Dongeng

  • Ceritanya singkat, dengan menggunakan alur cerita yang sederhana. Kalimat pembuka, pada umumnya diawali dengan kata-kata: pada zaman dahulu, pada masa silam, alkisah, dan sebagainya. Terdapat dua tokoh yang berlawanan, yaitu tokoh yang baik dan yang jahat. Ditulis dengan gaya penceritaan secara lisan.
  • Bersifat fiktif atau khayalan.
  • Amanat atau pesannya biasa dituliskan dalam cerita.
  • Tema dari suatu dongeng akan mengandung pesan moral. Daya tarik cerita timbul melalui kebaikan dan cerita cinta, serta berisi manta-mantra ajaib.
  • Tidak diketahui siapa pengarangnya
  • Struktur Dongeng

Pendahuluan

Bagian awal ini akan berisi pernyataan umum yaitu kalimat pengantar untuk memulai dongeng atau sebelum kalimat pembuka paragraf pertama.

Kejadian atau Peristiwa

Kejadian ceritanya disusun sesuai dengan urutan waktu (kronologis).

Penutup

Dalam penutup biasanya terdapat suatu pernyataan umum, berupa pesan moral maupun komentar tentang kebaikan yang dapat mengalahkan kejahatan. Kalimat penutup yang sering ditemukan dalam dongeng. misalnya "mereka hidup bahagia selamanya".

Jenis-jenis Dongeng

1. Dongeng Binatang (Fabel)

Fabel adalah dongeng yang tokohnya diperankan oleh binatang, dengan berperilaku layaknya manusia. Dalam dongeng fabel biasanya cerita perbuatan baik dan buruk, yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia. Contoh dongeng fabel: Si Kancil, Buaya yang Serakah, Persahabatan Kelinci dan Monyet.

2. Dongeng Biasa

Dongeng biasa adalah dongeng yang bisanya menceritakan suka duka, dan impian seseorang. Contoh dongeng biasa: Cinderella, Ande-ande Lumut, Bawang Putih dan Bawang Merah.

3. Lelucon (Jenaka)

Dongeng lelucon akan berisi cerita lucu dari tokoh-tokohnya. Contoh dongeng jenaka: Si Kabaya (Jawa Barat), Pan Balang Tamak (Bali), Singa Rewa (Kalimantan).

4. Legenda

Dongeng legenda merupakan cerita yang berhubungan dengan asal usul atau sejarah darisuatu tempat. Contoh dongeng legenda: Danau Toba, Candi Prambanan, dan Tangkuban Perahu.

5. Mite

Mite atau dikenal juga mitos dalah dongeng yang isinya berhubungan dengan kepercayaan dan hal-hal gaib yang dipercaya oleh masyarakat tertentu.

Contoh dongeng mite: Roro Jongrang, dan Nyi Roro Kidul.

6. Sage

Sage adalah dongeng yang menceritakan mengenai sejarah dengan campuran fantasi dari masyarakat. Contoh dongeng sage: Si Pitung, Panji, dan Lutung kasarung.

7. Parabel

Dongeng yang isinya mengandung nilai-nilai keagamaan, moral, hingga pendidikan untuk pandangan hidup. Contoh dongeng parabel: Kisah Malin Kundang, dan Hikayat Bayan Budiman.

Dalam pembuatan dongeng digital ini, tidak ada aplikasi yang perlu di Instal. Kita menggunakan laptop untuk membuatnya dan membutuhkan kuota.

  • Menentukan Tema dan mencari naskah dongeng yang akan kita buat, naskah dongeng tidak perlu panjang, cukup yang  pendek-pendek  saja. Bagi yang suka mengarang/menulis dongeng,  menggunakan naskah dongeng buatan sendiri. Jika yang tidak punya, boleh mencari di Google, dapat caranya kita buka dulu browsernya ketik cerita pendek.

Bersambung 

Labels:

2 Comments:

At February 10, 2023 at 1:11 AM , Blogger Samsinar Sambo said...

Terima kasih ilmunya ibu cantik

 
At February 11, 2023 at 10:06 PM , Blogger Patimah Iskandar said...

terima kasih juga bunda, semoga bermanfaat

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home