Friday, February 24, 2023

CANVA APLIKASI DESAIN GRAPIS

#Tantangan hari ke 25

#Februari Ceria PGRI 


Pengertian : 

Canva adalah platform yang lebih mudah dan lebih cepat untuk membuat desain grafis dan menerbitkan konten daripada software grafis lainnya. Anda dapat menggunakan tool ajaib ini secara online melalui browser desktop atau mengunduh aplikasi seluler melalui App atau Play Store. Selain itu, Canva juga menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).

Sejarahnya :

Canva dimulai dari pendiri Canva, yakni Melanie Perkins yang bekerja sampingan sebagai pengajar program desain untuk siswa. Perkins mengajarkan bagaimana mengoperasikan program-program desain seperti InDesign dan Photoshop. Akan tetapi, kemudian para siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat lunak tersebut. Permasalahan inilah yang kemudian membuat Perkins merasa harus ada sebuah program atau aplikasi desain yang ramah pemula. Bisnis desain buku tahunan sekolah Untuk mewujudkan mimpinya membuat sebuah media desain yang mudah dioperasikan dan online, Perkins bersama rekannya, yakni Obrecht mulai mewujudkan ide-ide mereka. Keduanya kemudian menguji ide-ide yang telah dikembangkan dengan membuat bisnis desain buku tahunan sekolah online. Mereka meluncurkan situs web yang memungkinkan siswa berkolaborasi dan merancang buku tahunan mereka sendiri secara online. Bisnis desain buku tahunan sekolah yang merupakan pengujian ide-ide mereka tersebut sukses dan aktif hingga saat ini.

Bisnis desain buku tahunan sekolah Untuk mewujudkan mimpinya membuat sebuah media desain yang mudah dioperasikan dan online, Perkins bersama rekannya, yakni Obrecht mulai mewujudkan ide-ide mereka. Keduanya kemudian menguji ide-ide yang telah dikembangkan dengan membuat bisnis desain buku tahunan sekolah online. Mereka meluncurkan situs web yang memungkinkan siswa berkolaborasi dan merancang buku tahunan mereka sendiri secara online. Bisnis desain buku tahunan sekolah yang merupakan pengujian ide-ide mereka tersebut sukses dan aktif hingga saat ini. 

Memulai Canva Pada 2010, Perkins mendapatkan koneksi baru di MaiTai dalam sebuah acara. Perkins dan Obrecht akhirnya terhubung dengan Silicon Valley dan Tai. Tai adalah seorang kitesurfer yang rajin. Pada 2012, keduanya kemudian memulai bisnisnya dengan sungguh-sungguh. Berbekal dengan platform Canva yang sudah dibangun bersama dengan tim teknisi, mereka mengembangkan bisnisnya perlahan. Pada tahun berikutnya, situs tersebut ditayangkan, sehingga pelanggan sudah bisa membuat berbagai desain online secara gratis. 

Canva berkembang Seiring berkembangnya situs ini, saat ini Canva membantu menciptakan kurang lebih dua miliar desain di 190 negara. Pada Oktober 2019, Canva mendapat pendanaan sebesar 3,2 miliar dollar AS dengan putaran pendanaan 85 juta dollar AS yang dipimpin oleh Silicon Valley dan Mary Meeker’s Bond Capital. Dana tersebut akhirnya digunakan Perkins untuk memperluas tim yang terdiri dari 700 orang di Sydney, Beijing, dan Manila. Canva juga terus membangun layanan berbayar perusahaan seperti Canva Pro dan Canva for Enterprise.

Fitur-fitur CANVA

1. Template

Fitur utama dan terbaik dari Canva adalah template-nya. Jumlah tersebut mutlak, mengingat jumlah template siap pakai untuk berbagai kebutuhan lebih dari 750.000, bahkan hampir setiap hari ada model baru untuk kategori tertentu. anda juga dapat memodifikasi beberapa bagian dari desain template yang dipilih. Aplikasi ini benar-benar membuat mendesain lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Elemen

Selain template, dapat juga menambahkan elemen desain dengan ilustrasi dan ikon dari berbagai jenis tema. Ingin ilustrasi 3D? Ada. Atau ilustrasi animasi seperti GIF? Juga ada disini. Explore menu untuk menemukan ilustrasi dan ikon yang dibutuhkan.

3. PDF Editor

Buat dan edit desain langsung dari halaman template. Karena anda dapat mengimport file PDF ke halaman kerja dan kemudian membuat tampilan desain online. File PDF akan diubah menjadi elemen yang dapat diedit sehingga anda dapat segera mengedit beberapa bagian. Setelah anda selesai mengedit dokumen, anda dapat mengunduhnya dalam format SVG, PPT atau PDF.

4. Text Customization

Kita juga dapat membuat dokumen dan file teks lainnya. Tentu saja, kebutuhan untuk membuat dokumen secara online tidak akan optimal tanpa fitur teks. Cukup pilih menu Teks di sisi kiri halaman editor, lalu pilih font, warna, dan ukuran yang kita inginkan,  dapat memperindah teks yang dibuat dengan berbagai efek animasi untuk membuat tampilan dokumen jauh lebih dinamis.

Elemen Canva yang Bikin Desain Tampil Semakin Estetik

  • Elemen Brush Stroke & Paint Stroke

Rekomendasi elemen Canva pertama adalah brush stroke dan paint stroke. Elemen brush stroke menghadirkan berbagai jenis elemen berbentuk sapuan kuas dan cat yang bisa menambah kesan seni lebih kental pada desain yang dibuat. Elemen ini juga biasanya tersedia dalam warna yang cukup vibrant sehingga membuat desainmu tampak cerah dan energik. Ada beberapa pilihan elemen brush stroke dan paint stroke meliputi splash, brush stroke, paint stroke, color splash, dan paint splatter untuk digunakan sesuai dengan keinginan.

  • Elemen Garis & Pattern

Rekomendasi elemen Canva selanjutnya yaitu elemen garis & pattern. Elemen ini terdiri dari elemen garis-garis dan pattern tertentu yang bisa membuat desainmu lebih ceria dan elegan. Elemen ini bisa digunakan pada konten desain yang mengangkat tema school dan preppy. Beberapa elemen garis dan pattern yang bisa digunakan yaitu swatch pattern, aesthetic lines, monoline elements, washi tape, mandela pattern, terrazzo texture dan line.

  • Elemen Hand Drawn Object

Lanjut ke elemen hand drawn object sebagai rekomendasi elemen Canva berikutnya. Di mana, elemen ini menghadirkan segala jenis objek dengan style handwriting atau desain gambar yang dibuat dengan tangan. Elemen ini sangat cocok untuk gaya desain simpel, minimalis, namun masih ingin terlihat elegan. Umumnya, elemen ini menghadirkan warna-warna yang soft dan netral. Beberapa elemen hand drawn object ini yaitu doodle, hand painted, pencil freeform, dan simple drawn object.

  • Elemen Nature & Floral

Kemudian ada nature & floral sebagai elemen Canva berikutnya yang bisa digunakan saat mendesain. Elemen Canva ini sangat cocok digunakan bagi kamu pecinta nature karena elemen ini didominasi dengan berbagai jenis tanaman dan bunga. Elemen ini biasanya didominasi dengan warna-warna yang fresh maupun warna kalem. Beberapa elemen nature dan floral yang bisa kamu coba adalah organic summer, foliage, rustic, botanical, dan magic jungle.

  • Elemen Abstract & Free Form

Lanjut ke elemen Canva berikutnya yang direkomendasikan yaitu abstract dan free form. Di mana, elemen ini menyajikan berbagai elemen abstract unik yang juga memberikan kesan seni untuk desain. Elemen abstract ini tersedia dalam berbagai warna soft hingga vibrant yang membuat desainmu semakin stand out. Beberapa elemen abstract dan free form yang bisa digunakan adalah free form, geometric shapes, brutalist, psychedelic, dan aesthetics.

  • Elemen Kegiatan

Rekomendasi elemen Canva selanjutnya  adalah elemen kegiatan. Elemen ini juga dapat kamu gunakan untuk menggambarkan kegiatan yang sedang dilakukan. Elemen ini menyediakan berbagai desain karakter yang sedang beraktivitas ataupun bersantai ataupun berupa objek-objeknya. Beberapa elemen kegiatan yang bisa digunakan adalah cozy, me time, new normal, dan working.

  • Elemen People

Rekomendasi elemen Canva yang terakhir yaitu elemen people. Elemen ini dapat menjadi pengganti subjek ibarat presenter atau tokoh yang menjelaskan isi konten desain. Elemen ini dapat digunakan agar desain dapat terlihat realistis. Beberapa elemen people yang bisa kamu gunakan adalah stylish people, online friendship, friends, fashion, dan duo color avatar.

Langkah-langkah membuat akun Canva :



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home