Thursday, February 23, 2023

CLASS DOJO APLIKASI KELAS VIRTUAL MELIBATKAN GURU, SISWA DAN ORANG TUA

 #Tantangan Hari ke 24

#Februari Ceria PGRI

Administrasi yang harus dikerjakan oleh guru menyebabkan terbatasnya waktu untuk berkolaborasi, berkomunikasi serta mengamati perilaku para siswa pada saat ini. Sedangkan capaian pendidikan salah satunya adalah membentuk karakter siswa yang berkualitas yang ditunjukan dengan sikap yang baik, mandiri, tangguh serta bertanggung jawab.

Pengertian CLASS DOJO : 

CLASS DOJO merupakan aplikasi yang dapat membantu pendidik untuk memonitor perilaku siswa secara digital. Aplikasi ini juga memungkinkan pendidik untuk memotivasi siswa agar dapat menumbuhkan sikap positifnya.

Guru dapat menchallenge siswa melalui pertanyaan dan latihan-latihan. Respon dari siswa akan secara otomatis disusun oleh sistem Class Dojo yang kemudian ditampilkan dalam bentuk perilaku/sikap. Akan terlihat siswa yang menampilkan sikap baik/tidak, pekerja keras/tidak, dapat bekerja dalam kelompok/tidak dan lain sebagainya.

Guru dapat memberikan poin reward atau punishment pada setiap perilaku yang dimunculkan oleh siswa. Aplikasi ini juga dapat dapat membantu orang tua untuk memonitor anak melalui portofolio pada setiap aktivitas yang diikuti olehnya.

Bagi siswa sendiri aplikasi ini memberikan kesempatan untuk lebih dapat berekspresi melalui berbagai aktivitas yang diikutinya, mulai dari share hasil pekerjaan, momen foto/video, dan lain sebagainya.

Penggunaan Class Dojo sangat mudah, Guru tinggal melakukan registrasi kemudian selanjutnya mengisi Classroom melalui kegiatan yang ingin dilakukan dan kemudian memasukkan data-data siswa yang ingin dilibatkan.

Kegunaan utama ClassDojo :

  • Untuk mempromosikan perilaku positif di kalangan siswa. Untuk melakukan ini, ClassDojo mendorong guru dan orang tua untuk berkomunikasi lebih sering. Ini adalah aspek penting dari jalur perkembangan anak dan tujuan utama dari platform.
  • Tidak fokus secara eksklusif pada manajemen kelas, meskipun dalam arti itu tidak hanya menawarkan beberapa keunggulan untuk tabel. Ini adalah tentang membangun budaya yang sehat di ruang kelas dan mengubah ruang kelas menjadi lingkungan positif yang mendorong pertumbuhan dan kemakmuran.
  • Tidak membuat perbedaan. Ini tersedia di komputer, Smartphone, dan tablet. Anda juga dapat menggunakannya pada proyektor dan papan tulis interaktif.
Langkah-langkah membuat akun Class Dojo:


Dari google ketik Class Dojo, kemudian klik Class Dojo 


Klik Sign up untuk mendaftar 


Pilih Teacher karena kita seorang guru atau studen untuk siswa


Silahkan isi datanya kemudian, Sign up jika sudah selesai.
siapkan email dan passwordnya.






Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home