Friday, February 3, 2023

PADLET UNTUK PEMBELAJARAN

#Tantangan Menulis hari ke 3

#Ceria Februari PGRI



Media pembelajaran yang di gunakan guru ada berbagai macam dan untuk menarik perhatian siswa-siswi kita. Apalagi pada  saat Pandemi Covid-19, di mana pembelajaran yang dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan dan biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Proses belajar jarak jauh bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan bantuan teknologi. Banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung pembelajaran bisa digunakan oleh pendidik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh seperti WA Group, Telegram, IG, FB sebagai media komunikasi atau juga memanfaatkan You tube untuk membagikan video. Selain itu juga bisa memanfaatkan Padlet sebagai media kolaborasi dan komunikasi dalam pembelajaran jarak jauh.

1. Pengertian Padlet.

Pengertian Padlet adalah aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen. Ketika kita mendaftar dengan Padlet, kita dapat membuat banyak "dinding" atau papan atau halaman tulisan Online sesuka kita. Dinding-dinding ini dapat diatur untuk pribadi atau publik, dengan masing-masing dinding memiliki pengaturan privasi terpisah.

2. Pengertian Padlet oleh para ahli

Sulakah (2017: 16) dalam jurnalnya, Padlet adalah aplikasi web 2.0 yang dapat digunakan untuk menjalankan mengajar secara keseluruhan. Padlet ada dalam bentuk dinding virtual (Virtual Wall) yang memungkinkan siapa pun untuk memposting pendapat mereka dengan catatan tempel elektronik dan dibagikan dengan orang lain. Guru sebagai administrator akan melakukannya mengunggah materi pembelajaran seperti catatan, video, grafik, pertanyaan, tautan URL dan begitu juga di dinding. Murid dapat memberikan umpan balik dengan mengetik huruf untuk setiap catatan tongkat elektronik atau tambahkan bahan pembelajaran. 

Padlet ialah web kolaboratif yang membolehkan pelajar menjadi seorang penghasil dan juga pada masa yang sama seorang pengguna dan bukan hanya sebagai seorang pengguna biasa (Sharon Tonner, 2011 dalam Mohammed Amin Embi, 2013). 

Padlet juga merupakan ialah aplikasi internet yang membolehkan pengguna menyiarkan pendapat mereka mengenai suatu topik umum dengan nota lekat elektronik pada dinding digital yang dikongsi bersama. Malah, pengguna juga boleh menggabungkan imej, audio atau video menggunakan pautan alamat web yang sesuai (Sharon Tonner, 2011 dalam, Mohammed Amin Embi, 2013). 

Selain itu, padlet juga boleh digunakan sebagai buku elektronik untuk mencatat nota pribadi, menyenaraikan perkara yang perlu dilakukan, ruang untuk menyampaikan maklum balas dan sebagainya (Mohammed Amin Embi, 2013).

Pengguna tidak perlu mendaftar untuk menggunakan Padlet ini, meskipun disarankan agar guru menggunakannya. Guru juga dapat memilih untuk mengatur pemberitahuan untuk menerima email setiap kali seorang siswa mengirim tugas atau materi reviuw tertentu ke dinding guru.

Padlet sangat mudah digunakan.  Padlet adalah perangkat yang netral, karena berfungsi di semua perangkat yang mendukung internet, termasuk: PC, laptop, tablet, Smartphone. Ini berarti dapat bekerja dengan mudah di sekolah mana pun yang memanfaatkan beragam perangkat.

Dan tidak ada perangkat lunak atau aplikasi yang perlu diunduh atau dipasang, sehingga bisa digunakan langsung oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Tulisan dinding yang dibuat di Padlet dapat diekspor dengan beberapa cara, termasuk PDF atau Spreadsheet, atau disematkan ke blog, situs, atau laman lainnya.                                                                                                                                               

3. Kelebihan Padlet

  • Menarik
  • Interaktif
  • Kolaboratif
  • Memberikan peluang kepada pengguna untuk mengontrol aktivitas peserta didik.
  • Memberikan peluang yang sama untuk semua pengguna dalam kumpulan yang sama memberikan saran dan masukan. 
  • Satu dinding boleh memberikan ruang untuk memberikan sumbang saran. dan juga  memberikan pendapat atau komentar
4. Kegunaannya
  • Dapat digunakan di ponsel dan computer
  • Sebagai papan tulis daring
  • Untuk mengetik langsung jawaban siswa
  • Mengirim foto kehadiran
  • Menampilkan video pembelajaran Menampilkan gambar
  • Untuk menggambar

Langkah-langkah membuat akun Padlet

1. Daftar untuk masuk ke papan tulis 

2. Masukkan email yang akan digunakan untuk membuat padlet.

3. Setelah masuk, pilih Make a Padlet

4. Pilih yang akan digunakan (klik Select)

5. Klik tanda

6. Edit Title untuk mengubah judul Padlet 

7. Pilih Wall Paper yang diinginkan lalu Save

8. Padlet bias digunakan

9. Kirim Padlet dengan klik Share

10. Kemudian pilih Copy Link to Clipboard

11. Kirim Link ke grup siswa

12. Guru dapat mengunduh pekerjaan siswa 

13. Jika ingin digunakan oleh siswa kelas lain, maka bias klik ... lalu pilih Clear All Post, kemudian Share kembali Link. Namun, sebelum Link dibagikan ada baiknya unduh dulu pengerjaan siswa.


Jika kita menggunakan Hp atau Android kita tinggal membuka playstore, kemudian kita ketik aplikasi padlet setelah terlihat gambar aplikasinya lalu kita instal kira kira dibutuhkan 33 Mb data untuk terinstal aplikasi ini. Setelah masuk menggunakan Google atau FB kita sudah dapat menggunakan Padlet dengan mengklik tanda + (plus) untuk membuat papan digital tersebut menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Setelah tambahkan judulnya, tambah teks, upload You tube atau video kemudian Share Link untuk dibagikan ke siswa atau peserta didik.


Jika menggunakan Laptop atau PC silah kan buka Google ketik di laman pencarian http://padlet.com. jika belum daftar silah kan pilih Sign up, kemudian masuk dengan Google, Mictrsoft, atau menggunakan email dan harus ingat Pass Word nya.

Jika sudah mendaftar silah kan Log in dengan email atau Google kemudian klik titik tiga yang ada di pojok sebelah kanan. Setting terlebih dahulu bahasa yang akan di gunakan yaitu Bahasa Indonesia agar kita lebih mudah menggunakannya. Setelah itu kita ceklis  kotak di sebelah tulisan Teacher karena kita seorang pendidik. Kemudian pilih Template Wall, untuk template yang akan kita gunakan. Titik tiga di pojok kanan kita klik untuk membuat judul dan deskripsinya yang akan kita pakai untuk pembelajarannya.


Klik tanda (+) tambah untuk membuat pembelajaran dengan Padlet. Ketik judul dan deskripsinya di Subyek yang di beri tanda panah. Setelah selesai silah kan Publish. Jika ada link video atau gambar yang ingin di masukkan klik kembali tanda tambah (+) sampai sesuai dengan yang diinginkan.


Klik tanda (+) tambah untuk membuat pembelajaran dengan Padlet. Ketik judul dan deskripsinya di Subyek yang di beri tanda panah. Setelah selesai silah kan Publish.


 Jika ada link video, You tube, audio, dokumen atau foto atau gambar yang ingin di masukkan klik kembali tanda tambah (+) sampai sesuai dengan yang diinginkan. Apabila kita belum menyiapkan link You tube atau Gif nya kita dapat mencari di pencarian pada Padletnya dan gunakan bahasa yang akan digunakan untuk pencariannya, dan karena kita di Indonesia maka kita gunakan bahasa Indonesia.


Setelah di Publish kita juga dapat memberikan Kode QR kepada peserta didik. Dan kemudian peserta didik dapat masuk pakai Scan Kode QRnya untuk masuk ke Padlet yang diberikan.


Atau Copy link yang akan diberikan kepada peserta didik. Jadi mereka tinggal mengklik Link nya yang bertulisan warna biru.  Peserta didik dapat memberikan komentar dan juga menyerahkan tugas yang diberikan pada dinding atau papan Padlet itu.
Silah kan bergabung di Padlet berikut https://padlet.com/iskandarpatimah/media-pembelajaran-interaktif-dengan-padlet-q54xa997t5ceohpq
Selamat mencoba. 


#Ceria Februari (3) PGRI


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home