Wednesday, February 1, 2023

MEDIA PEMBELAJARAN (2)


Media pembelajaran mempunyai beragam fungsi. Secara definisi, fungsi-fungsi tersebut kadang berbeda, semuanya tergantung siapa ahli yang menjabarkannya. Berikut adalah fungsi media pembelajaran:

C. Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli (Levie & Lentz)

1. Fungsi Atensi adalah menarik perhatian siswa agar semakin berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada isi materi pelajaran.

2. Fungsi Afektif adalah kenyamanan siswa ketika belajar atau membaca. Misalnya teks bergambar

3. Fungsi Kognitif mempermudah memahami dan mengingat informasi
4. Fungsi Kompensatoris

 Mengakomodasi/membantu siswa yang lemah dan lambat menerima pelajaran yang disajikan secara verbal atau teks.

D. Fungsi Media Pembelajaran Secara Umum

1. Menarik Perhatian Siswa

    Terkadang siswa kurang tertarik atau antusias terhadap suatu pelajaran dikarenakan materi pelajaran
yang sulit dan susah dicerna. Dengan media pembelajaran, suasana kelas akan lebih menyenangkan  dan siswa dapat lebih berkonsentrasi, terlebih ketika media pembelajaran yang digunakan bersifat unik  dan menarik.

 2. Memperjelas Penyampaian Pesan

Dalam pelajaran, terkadang ada hal-hal berkonsep abstrak yang sulit bila dijelaskan secara lisan. Misalnya bagian-bagian tubuh manusia. Dengan media pembelajaran, seperti misalnya video, gambar ataupun kerangka manusia tiruan. Siswa akan lebih jelas memahami apa yang dijelaskan oleh guru di kelas.

3. Mengatasi Keterbatasan Ruang, Waktu dan Biaya

Ketika menjelaskan tentang misalnya hewan-hewan karnivora. Tidak mungkin rasanya kita membawa Harimau, singa atau buaya ke dalam kelas. Dengan media pembelajaran seperti gambar, siswa mengerti apa yang dimaksudkan guru walaupun belum melihat bentuk objek secara langsung.

4. Menghindari Kesalahan Tafsir

Ketika guru berbicara secara verbal, sudut pandang murid kadang berbeda antara satu dengan lainnya dan maksud yang disampaikan guru berbeda dengan pemahaman para murid. Dengan media pembelajaran tafsir sebuah teori menjadi sama dan tidak ada kesalahpahaman informasi.

5. Mengakomodasi Perbedaan Tipe Gaya Belajar Siswa

Manusia dibekali kemampuan berbeda-beda, termasuk dalam hal gaya belajar. Dalam sebuah teori, setidaknya ada 3 tipe gaya belajar, yakni Visual, auditori dan  kinestetik.
Dengan memadukan media pembelajaran dalam bentuk audio, audio video, gambar atau tulisan. Siswa yang lemah dalam menangkap pelajaran secara lisan bisa tertutupi dengan media pembelajaran lain yang lebih dipahami.

6. Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Secara Efektif

Dengan media pembelajaran, proses belajar mengajar dikelas diharapkan sukses sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh tenaga pendidik di kelas.

Selain yang disebutkan di atas masih banyak fungsi-fungsi media belajar lain yang dikemukakan oleh beberapa tokoh seperti misalnya fungsi semantik, fungsi manipulatif, fungsi psikologis. fungsi motivasi, fungsi sosio kultur dan lain sebagainya.

Namun definisi semuanya itu, secara umum tetap mengacu pada fungsi-fungsi umum yang telah dijabarkan sebelumnya. 
Media pembelajaran Realita adalah alat atau benda yang terdapat dalam kehidupan nyata. Umumnya benda ini adalah benda alam yang dapat ditemukan di sekitar tempat belajar atau dalam kehidupan sehari-hari. Seperti tumbuhan, bebatuan, pepohonan dan sebagainya. 

F. Macam-macam Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran terbagi menjadi beberapa macam jenis. Jenis jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut;

JENIS MEDIA 

CONTOH MEDIA PEMBELAJARAN

Media cetak buku, modul, majalah, gambar, poster, peta, foto-foto, majalah dinding, papanplanel, LKS, guntingan koran, handout Media Audio siaran radio, cd/ dvd, podcast, lagu, musik, file Mp3, telepon, laboratorium  bahasa Media Audio Visual Film, televisi, video Multimedia Interaktif Game, aplikasi-aplikasi berbasis android dan lain-lain. E-Learning  Udemy, Code Academy, ruang guru, Zenius, Google Classroom, dan lain-lain. Media Realia tumbuhan, bebatuan, pepohonan, mata uang dan lain-lain.

 1. Media Cetak (Print Out)

Media pembelajaran dalam bentuk cetak adalah media yang berasal dari teks, gambar serta ilustrasi pendukung lainnya yang digunakan sebagai penyampai informasi belajar.
Media cetak terbagi ke dalam 3 golongan, yakni 
(1) media cetak lepas (buku, modul, majalah, gambar, leaflet, hand out dan foto-foto. 
(2) Media cetak dipajang (poster, peta, papan planel,  majalah dinding.
(3) Media cetak diproyeksikan seperti OHP atau Slide proyektor.

2. Media Audio

Media audio adalah media berbasis suara. bunyi-bunyian dan kesan non-verbal. Media pembelajaran ini cocok untuk siswa bertipe Auditori. Contoh media audio di antaranya radio, cd,  dvd player, mp3, game interaktif dll.

3. Media Audio Visual

Media yang menayangkan gambar dan audio dalam waktu bersamaan. Media ini adalah media yang dapat didengar sekaligus dilihat.

 4. Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif adalah media pembelajaran berbasis multimedia yang dilengkapi alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna sehingga alat dapat memberi tanggapan dan ada hubungan timbal-balik antara alat dan pengguna.

 5. E-Learning

E- Learning adalah media pembelajaran berbasis elektronik yang memanfaatkan komputer/laptop yang terhubung dengan jaringan komputer ataupun jaringan internet. Media pembelajaran ini adalah media modern yang sudah banyak diterapkan.
Elektronik Learning atau E Learning mencakup pembelajaran berbasis Website, Mobile (M-Learning) dan juga Blended Learning.

 6. Media Realia

Media pembelajaran Realita adalah alat atau benda yang terdapat dalam kehidupan nyata. Umumnya benda ini adalah benda alam yang dapat ditemukan di sekitar tempat belajar atau dalam kehidupan sehari-hari. Seperti tumbuhan, bebatuan, pepohonan dan sebagainya.

Karakteristik Media Pembelajaran

Media pembelajaran mempunyai karakteristik-karakteristik yang berbeda antara satu dan lainnya. Karakteristik tersebut dikelompokan disesuaikan dengan jenis dan juga penggunaannya dalam proses KBM.
Media Visual adalah media yang hanya dapat dilihat dan di dalamnya terdapat unsur unsur berupa bentuk, garis, tekstur dan sebagainya.

Media audio adalah media yang hanya dapat didengar. Isi pesan media ini diterima melalui indra pendengaran atau telinga

Media audio visual adalah media kombinasi audio dan visual ia dapat menampilkan unsur verbal dan juga suara. Artinya ia dapat didengar dan dilihat secara bersamaan

Multimedia adalah media yang merangsang semuda indra dalam satu kegiatan pembelajaran.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.

Dalam menggunakan media pembelajaran guru harus memastikan bahwa media yang dipilih sesuai dengan kebutuhan tujuan pembelajaran. Untuk itu ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran.

Menurut Hernawan (2007: 39) setidaknya ada 3 hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran, di antaranya
1. Tujuan pemilihan media
2. Karakteristik Media
3. Alternatif Media pembelajaran yang dipilih.

#Ceria PGRI Februari (2)


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home