Sunday, February 26, 2023

Telegram sebagai media pembelajaran.


#Tantangan Hari Ke 26

#Februari Ceria PGRI

Apa itu telegram  sebagai media pembelajaran ?

Telegram merupakan salah satu media yang dapat kita gunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran atau kegiatan apapun yang bermanfaat buat kita atau orang lain terutama peserta didik kita.

Pengetian Media Pembelajaran:

Media berasal dari kata “medius” yang artinya tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah wasail atau wasilah yang berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan (Arsyad, 2006:3) 

Media adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar (Briggs, 1970 dalam Sadiman, 2008 ,6). Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2008:7)

Dari beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian media, peneliti dapat menyimpulkan pengertian tentang media. Media adalah pengantar pesan yang mampu merangsang pikiran siswa dalam proses pembelajaran. 

Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pengajaran. Dalam pengertian yang lebih luas media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang dipergunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas (Oemar Hamalik, 1989:12 dalam Hujair 2010:4). 

Jadi Media telegram merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pengantar dalam pembelajaran yang efektif selama PJJ yang membantu pengajar dan pelajar dalam mengeksplorasi dan mengasah keilmuannya.

Telegram pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. 

Secara fisik telegram   merupakan program pembelajaran yang dikemas  dan disajikan dengan menggunakan peralatan yang

 memudahkan bagi pengguna serta menghemat ruang penyimpanan data 

Sejak ada Telegram, WA pun semakin cepat berbenah mengupdate fiturnya mengikuti Telegram.

Untuk mengikuti perkembangan terkini mengenai Telegram http://t.me/telegram dan http://t.me/durov

- Yang pertama Channel resmi Telegram

- Yang kedua Channel resmi pendiri Telegram (Pavel Durov

WA muncul lebih dahulu merupakan salah satu aplikasi messenger yg paling banyak dipakai di dunia dan Indonesia. Walaupun menariknya WA lebih jarang dipakai di negara asalnya, Amerika Serikat.

Di Indonesia, WA masih nomor satu. Walaupun generasi yang lebih muda (mahasiswa dan pelajar SD-SMA) banyak yg lebih senang Line.

KEUNGGULAN  TELEGRAM:

Telegram juga memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan aplikasi chatting yang lainnya yang  tidak memilikinya. Apa saja keunggulannya? Berikut rinciannya :  

1. Fleksibel

2.Cloud-Based Message

3. Channel

4. Tidak membebani memori

5. Lebih aman

1. Fleksibel  

Artinya Anda bisa membuat fitur-fitur tambahan yang disertakan dalam aplikasi Telegram ini. Misalkan Anda ingin membuat polling. Anda bisa membuatnya tanpa sendiri dan menambahkan di Telegram Anda tanpa harus menunggu ada update fitur dari Developernya. Sehingga ini membuat Telegram menjadi lebih lebih fleksibel jika dibanding aplikasi sejenis seperti WhatsApp ataupun Line Messenger.

Jadi telegram merupakan aplikasi yang lebih mudah di gunakan oleh siapapun

2. Cloud -Based Message

Artinya dengan Telegram Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun (yang juga punya akun Telegram) tanpa batasan device/ gadget.

Anda bisa membuka aplikasi Telegram ini di warnet dengan menggunakan komputer desktop, membukanya di smartphone, mengaksesnya di cafe dengan laptop dan pesan yang masuk dan yang Anda kirimkan semuanya sama. Bahkan jika Anda menghapus atau mengedit pesan yang Anda kirimkan, maka pesan yang diterima oleh lawan chatting Anda juga ikut berubah.

3.Channel

Telegram juga punya fitur yang tidak kalah bagus, yaitu Channel. Broadcast Message dan Channel adalah bentuk komunikasi satu arah. Hanya saja penggunaan Channel ini jauh lebih mudah.

Dengan Channel Anda cukup fokus pada konten saja tanpa perlu pusing bagaimana mengirimkannya.

Karena setelah Anda menulis pesan, dengan fitur Channel ini akan secara otomatis masuk ke orang-orang yang mengikuti Anda.

Kelebihan dari Channel ini adalah kapasitas memiliki jumlah yang besar sehingga para pemilik online ship menjadikannya untuk jualan produknya dan update.

Tidak membebani memori karena penyimpanan semua data tersimpan di awan.

Dan keunggulan atau kelebihan yang ke lima dari Telegram adalah

1. Lebih aman

Keunggulan utama Telegram adalah lebih ringan, lebih cepat, dan lebih aman

Telegram lebih ringan karena chat disimpan di cloud, bukan di penyimpanan handphone kita

Disimpan di cloud maksudnya disimpan di server di internet

Apa artinya?

Artinya beban untuk handphone kita  tidak berkurang

Cloud adalah istilah yg merujuk penyimpanan data di internet, bukan di penyimpanan lokal perangkat kita

Telegram memanfaatkan cloud, termasuk untuk fitur Pesan Tersimpan (Saved Messages)

Tapi tidak hanya Pesan Tersimpan (Saved Messages) namun seluruh pesan kita di Telegram tersimpan di cloud

Telegram menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Biarpun fitur ini juga ada pada WhatsApp, tapi keamanan pada Telegram masih lebih aman karena menggunakan skema MTProto.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya, yaitu Secret Chat. Secret Chat adalah sebuah pesan yang secara otomatis akan menghapus sendiri, sehingga keamanan dan privasi pesan Anda sangat terjamin.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home