Sunday, February 26, 2023

Gamifikasi dengan menggunakan aplikasi kahoot

 #Tantangan Menulis Hari Ke 27

#Februari Ceria PGRI



Pengertian Kahoot Menurut Wikipedia : 
Kahoot (http://getkahoot.com) diciptakan pada tahun 2013 oleh tiga orang yaitu 
(1) Johan Brand, 
(2) Jamie Brooker dan 
(3) Morten Versvik di Norwegian University of Technology & Sciene (NUTS). 
Kahoot merupakan platform berbasis game edukasi yang sudah dimainkan 50 juta orang di 180 negara. Kahoot diciptakan menggunakan interface drag-and-drop yang memungkinkan pembuat soal dapat membuat pertanyaan berupa pilihan ganda menggunakan bantuan gambar ataupun video ataupun bahan lain dalam tampilan kuis. Mayoritas pengguna Kahoot adalah siswa dan guru yang tersebar di sekolah, lembaga kursus, universitas, pascasarjana bahkan perusahaan bisnis.

“Kahoot!” merupakan website edukatif yang pada awalnya diinisiasi oleh Johan Brand,Jamie Brooker dan Morten  Versvik  dalam  sebuah  joint project dengan Norwegian University of   Technology   and  Science   pada Maret  2013.  Pada  bulan  September 2013 “Kahoot!” dibuka secara untuk publik. Satu tahun setelah diluncurkan, Kahoot! sudah memiliki ebihdari 1,5 juta pengajar yang telah terdaftar dan 49 juta pembelajar yang terdaftar untuk memainkan permainan ini. 

Kahoot merupakan  salah  satu  media  pembelajaran  online  yang berisikan  kuis  dan  game. Kahoot juga  dapat    diartikan  sebagai  media pembelajaran interaktif karena  kahoot dapat digunakan dalam kegiatan belajar  mengajar  seperti  mengadakan  pre-test,  post-test,  latihan  soal, penguatan  materi,  remedial,  pengayaan dan  lainnya. Salah  satu  syarat untuk membuat kahoot adalah memilik akun gmail atau akun lainnya. 

Kahoot memiliki empat fitur yaitu 
  • game, 
  • kuis, 
  • diskusi, dan 
  • survey. 

Manfaat Kahoot
  • Merangsang Minat Peserta didik, karena games ini menarik dan dapat meningkatkan semangat peserta didik untuk menjawab atau mengerjakan games yang telah diberikan ole guru kepada mereka, membuat pesertadidik semangat dan berlomba-lombah untuk menjawabnya, karena rasa penasaran meraka terhadapa pertanyaan atau games selanjutnya. oleh sebab itu membangkitkan semangat peserta didik untuk lebih giat lagi untuk belajar.
  • Digunakan untuk Mematau Minat Peserta didik dalam games ini digunakan untuk melihat sampai mana peserta didik memahami dan mengerti pembelajaran yang telah diberikan oleh guru kepada mereka, serta melihat kemajuan siswa terhadap tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan untuk mengidentifikasi daerah-daerah dimana siswa akan mendapat manfaat lebih dari pengajaran, lebih menantang kesempatan belajar atau meriview pembelajaran.
  • Proses Pembelajaran menjadi Menarik jadi melalui games ini dapat membangkitkan pengetahuan siswa,merangsang reaksi mereka terhadap penjelasan guru, dan membantu mereka mengkonkretkan sesuatu yang abstrak dan sebagainya

Kelebihan dan Kekurangan Kahoot sebagai media pembelajaran

Kelebihan
  • Suasana kelas dapat lebih menyenangkan
  • Anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar
  • Anak-anak di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan KAHOOT
Kelemahan
  • Tidak semua guru yang update dengan teknologi
  • Fasilitas sekolah yang kurang memadai
  • Anak-anak gampang terkecoh untuk membuka hal lain
  • Terbatasnya jam pertemuan di kelas
  • Tidak semua guru memiliki waktu untuk mengatur menyusun rancangan pembelajaran dengan Kahoot
Penggunaan Kahoot! biasanya digunakan untuk penilaian formatif, untuk memantau setiap kemajuan siswa terhadap tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan untuk mengidentifikasi daerah-daerah di mana siswa akan mendapat manfaat dari lebih satu ke-satu pengajaran, lebih menantang kesempatan belajar, atau review dari pengetahuan dasar untuk subjek itu. pengguna yang lebih berpengalaman juga mengintegrasikan Kahoot ke dalam kurikulum mereka untuk memperkenalkan topik baru, meningkatkan retensi fakta-fakta baru, merevisi sebelum ujian, kelas tantangan di seluruh dunia, pendapat survei, mengumpulkan wawasan, memfasilitasi diskusi, atau untuk menghargai dan mengembalikan energi peserta didik dalam belajar. Bermain game Kahoot! dirancang untuk pembelajaran sosial, dengan peserta didik berkumpul di sekitar layar umum. Di lingkungan kelas yang khas, ini akan menjadi SmartScreen, papan tulis interaktif, atau monitor komputer. Banyak Kahoots juga dimainkan menggunakan berbagai layar alat seperti Skype, Appear in dan Google Hangouts.

Kahoot dirancang agar memiliki akses dalam pembelajaran baik di kelas tradisional maupun pembelajaran jarak jauh. Kahoot dapat digunakan oleh siapa pun, untuk materi apa pun dan pembelajar dengan usia berapa pun.

Kahoot mengadaptasi “formative assessment” untuk memantau progress setiap siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan dapat mengetahui letak keunggulan dan kelemahan siswa dalam setiap tujuan pembelajaran yang direpresentasikan pada setiap pertanyaan kuis. Selain itu, kahoot juga menyediakan pembelajaran yang lebih menantang serta membangun pengetahuan dasar siswa dalam pembelajaran. Evaluasi dapat langsung diketahui dan ditampilkan dengan mudah dan praktis karena bersifat paperless.

Kahoot terbagi atas 3 jenis :
(1) Quiz/Game, 
(2) Disscusion, 
(3) Survey.  

Kahoot game memiliki 2 mode yaitu mode player dan mode creator. 
  • Mode creator digunakan untuk membuat kuis/pertanyaan beserta jawaban, menentukan durasi waktu setiap jawaban dan launching game. 
  • Mode player digunakan oleh pemain (siswa) untuk join game dengan cara memasukkan PIN dan nama user anda. Satu kali game/kuis diwakili dengan 1 PIN.
Cara membuat game edukasi online dengan kahoot adalah sebagai berikut:

1.Ketik "create kahoot it" tanpa tanda petik pada browser.

2.2. Karena kita belum memiliki akun, silahkan pilih SIGN UP atau masuk dengan email dan passwordnya jika sudah punya.





3. Lalu pilih TEACHER sebagai profesi


4. Silahkan pilih SCHOOL untuk perusahaan



5.Klik Aceept all cookies dan kemudian klik continue for free


6. Klik tanda + di pojok kanan atas lalu pilih CREATE KAHOOT


7. Pilih yang di atas tulisan Kahoot "Short interactive lessons with polls and quizzes"


8. Klik New Kahoot Create

9. Ketikkan soal dan jawabannya
1. Tuliskan soal di bagian questions
2. Anda dapat menambahkan gambar yang berkaitan dengan soal yang dikerjakan
3.tambahkan JAWABAN pada bagian add answer
4. Jangan lupa memberikan kunci jawaban dengan meng klik di pojok kanan atas pada bagian ANSWER hingga ada tanda centang


10. Pilih waktu pengerjaannya

11. Jika ingin menambah soal, klik tanda + yang ada di pojok kanan bawah
Anda akan diarahkan untuk. Memilih mode game lagi, pilih mode game sesuai keinginan Anda.
Misal saya pilih TRUE OR FALSE, 



12. Judul bisa kuis mapel apa KD berapa, Isi judul dan deskripsi game, Deskripsi game dapat diisi aturan mengerjakan soal, Lakukan langkah yang sama seperti keempat cara ini, Setelah dianggap jumlah soal sesuai, klik SAVE di pojok kanan atas. 

14. Setelah title dan deskripsi diisi, silahkan klik Continue


15. Jika sudah selesai klik, done jika belum kita dapat mengedit dan menambahkan soalnya

13. Setelah tadi kita pilih Done maka kita sudah dapat membagikan link nya ke media sosialnya dengan cara klik share



14. Copy link dengan cara mengklik tanda Copy dan membagikan ke media sosialnya. 


https://create.kahoot.it/share/soal-ipas/2d2a1e2e-886c-4313-9232-4bff6429e3b9

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.




Labels:

3 Comments:

At February 26, 2023 at 10:03 PM , Blogger Sensei Maesa said...

Informasi yang bagus bu Fat, semoga bermanfaat bagi para pembacanya

 
At February 26, 2023 at 11:57 PM , Blogger Patimah Iskandar said...

Terima kasih bunda, semoga bermanfaat

 
At February 27, 2023 at 3:36 AM , Blogger sangbakung said...

Luar Biasa Bu,👍

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home