Monday, February 27, 2023

Google Form dalam Pembelajaran

#Tantangan Menulis Hari Ke 28

#Februari Ceria PGRI

Google  merupakan salah satu perusahaan raksasa dunia yang menawarkan berbagai macam jasa dan produk internet yang bermanfaat bagi dunia modern saat ini. Selain itu, Google juga mempunyai beragam layanan lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Google Form. Google Form sudah cukup dikenal dan dimanfaatkan oleh banyak orang, termasuk perusahaan-perusahaan besar.

Google form adalah layanan dari Google yang memudahkan pengguna dalam membuat survei kuesioner, formulir, dan semacamnya dengan menggunakan basis online atau digital. Dengan fungsi yang  dimilikinya, tida heran jika banyak individu atau perusahaan yang memanfaatkan layanan tersebut untuk berbagai keperluan. Seperti membangun hubungan dan relasi dengan pelanggan, hingga mendapatkan hasil survei yang berkaitan dengan topik tertentu.

Namun, untuk sebagian orang yang belum pernah menggunakan layanan Google Form, tentu saja akan merasa bingung dan tidak mengerti cara yang tepat untuk memanfaatkannya secara efektif.

Pengertian Google Form

Google Form merupakan sebuah layanan yang memudahkan para penggunanya untuk membuat survei, formulir berbasis online berisi pertanyaan, atau kuesioner yang dapat di custom oleh pembuatnya.

Dengan menggunakan layanan dari Google tersebut, kita  dapat dengan mudah memperoleh jawaban atau data dari publik atau audiens yang  mengisi survei tersebut secara langsung. Google Form merupakan layanan yang efektif dan efisien untuk mendapatkan informasi tertentu, karena bisa dilakukan secara online dan dapat diakses oleh siapa saja sesuai kehendak pembuatnya. Cara membuat Google Form juga sangat mudah dan pasti bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa terkecuali, asalkan paham cara kerja komputer dan internet.

Google Form merupakan layanan yang menawarkan berbagai manfaat dan kegunaan untuk para penggunanya dalam berbagai keperluan baik itu bisnis, pekerjaan, atau perusahaan.u

Fungsi dari Google Form antara lain :


1. Membuat Kuesioner

Fungsi utama dari layanan Google Form yaitu untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir. Dalam formulir tersebut, Kita dapat  mengisinya dengan saran, kritik, ulasan, umpan balik atau feedback, data evaluasi, dan juga kebutuhan form untuk penelitian. Fungsi kuesioner dari Google Form ini sering digunakan dalam bidang bisnis, pendidikan, dan penelitian ilmiah.

2. Formulir Pendaftaran Kedua

Kita dapaat juga  mengenal Google Form melalui fungsi keduanya ini. Layanan ini juga berfungsi untuk membuat formulir pendaftaran kerja. Banyak perusahaan atau kantor yang membuka lowongan pekerjaan secara online dengan memanfaatkan layanan Google Form ini.

Selain lebih praktis dan cepat, fungsi Google Form tersebut juga dapat menjangkau lebih banyak pelamar kerja dengan kualitas yang lebih mumpuni. Dengan demikian, perusahaan mampu mendapatkan sumber daya yang berkualitas dan dapat memaksimalkan operasional bisnisnya untuk meraih tujuan dan keuntungan

3. Lembar Kerja

Salah satu fungsi Google Form adalah untuk membuat formulir pengisian mengenai lembar kerja. Informasi atau data yang digunakan dalam formulir tersebut biasanya berhubungan dengan form untuk mengunggah dokumen, tugas sekolah baik dalam bentuk esai atau pilihan ganda, dan lain sebagainya.

4. Pembelian Produk

Google Form juga bermanfaat dalam pembuatan formulir pembelian layanan atau produk tertentu. Dengan demikian, para pengguna tidak lagi harus mencatat hasil penjualan produk mereka melalui media konvensional secara manual. Hal tersebut menjadikan seluruh informasi dari formulir dapat terekam dengan lebih baik dan juga mudah untuk diakses.

Intinya, Google Form adalah layanan yang bermanfaat untuk mempermudah para penggunanya dalam membuat dan mengoleksi serta mengumpulkan dara yang ingin mereka dapatkan. Selain mudah dan praktis untuk digunakan, penyimpanan data menggunakan layanan Google Form juga bersifat real time dan dapat diakses oleh siapa saja secara online.

Jadi, Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga, serta materi hanya untuk keperluan menyimpan data seperti mencetak dokumen atau bekas, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah 

1. Buka Gmail dan klik ikon Google Apps

Langkah pertama dalam membuat Google Form adalah membuka halaman Gmail, lalu klik ikon Google Apps atau aplikasi Google yang terletak di pojo kanan atas. Anda juga bisa membuka halaman form lewat menu yang sama pada Google Drive.

2. Pilih Google Form

Kemudian cari dan pilihlah ikon google form dari sekian banyak aplikasi Google yang ada. Anda juga bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan melakukan pencarian dengan kata kunci Google Form pada Googe Search.

3. Buat form baru

Setelah kita memilih Google Form, maka akan muncul halaman yang bisa Anda gunakan untuk membuat formulis baru. Lalu klik pilihan blank/kosongg

Tentukan nama dokumen dan nama form beserta deskripsinya

Selanjutnya, agar Anda bisa dengan mudah menemukan formulir yang telah dibuat, berikan nama dokumen form yang ada di pojok kanan atas. Lalu Anda bisa memberi nama atau judul formulir, serta deskripsi pada kolom pertama.

4. Membuat pertanyaan

Pada bagian bawah judul dan deskripsi, kita akan melihat kolom pertanyaan. Buatlah pertanyaan yang Anda inginkan di kolom tersebut.

5. Menentukan bentuk jawaban

Langkah selanjutnya adalah menemukan bentuk jawaban yang diinginkan. Bentuk jawaban tersebut, bisa Anda pilih pada kolom yang terletak di samping kanan kolom pertanyaan.

6. Menambah pertanyaan

Untuk menambahkan pertanyaan, Kita dapat memiliki ikon (+) yang terletak di samping kolom pertanyaan pertama. Selain itu, untuk membuat bentuk jawsaban seperti pilihan ganda/opsi, kita dapat menambahkannya dengan cara memilih tambahkan opsi

Selain itu, kita juga bisa memasukkan berbagai macam media seperti gambar dan  video dengan memilih ikon yang berada di bawah tanda (+).

7. Menentukan pertanyaan yang wajib diisi

Jika Anda menginginkan pertanyaan tersebut dijawab, Anda bisa mengaktifkan tombo Wajib diisi/Required pada pojok kanan bawah di setiap pertanyaan. Sehingga orang yang akan mengisi formulir tidak bisa melanjutkan ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan tersebut.

8 Melakukan preview terhadap form yang telah dibuat

Setelah kitas selesai memasukkan semua pertanyaan, Anda bisa melakukan pratinjau terhadap formulir yang sudah dibuat. Caranya dengan klik “mata” yang terletak di bagian pojok kanan atas. Nantinya akan muncul halaman seperti formulir yang sudah Anda buat, namun dari segi tampilan orang lain. Selain itu, Anda juga bisa mengubah warna atau tema tampilan formulir dengan memilih ikon palet cat.

Demikianlah penjelasan mengenal Google Form, fungsi, dan cara membuatnya. Mudah dan praktis bukan? Membuat formulir menggunakan layanan terebut juga bisa membuat lembaga atau perusahaan terlihat lebih modern. Jadi sudah bukan zamannya lagi membuat formulir dengan cara yang konvensional yang mahal biaya. Semoga bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home